Minggu, 12 Juni 2011

Touch Screen Reparation of Nokia C6-00

Okey teman-teman se-per-dunia-maya. Kali ini aku akan menjadi pe-reparasi / pe-servis / pe-apaajayangserupa gadungan dari kamar yang berbagi ke dunia maya. Kali ini aku akan membahas cara mengatasi gangguan pada Nokia C6-00. Lebih spesifiknya yaitu cara mengganti Touch Screen pada Nokia C6-00. Maaf, dimaafin yah gambarnya gak benderang, cuz pemberontakkan terhadap tuh Hp tuh itu tuh tuh pas malem. Nih dibikin pas duduk-duduk, malem-malem, sendirian-sendirian. Langsung aje ane take picture nye biar di-share di blog ini. Okey?? Here we go.


1. Melepas Baut Rear Casing
Terdapat 8 baut pada rear casing. Terdiri dari 3 baut kecil dan 5 baut besar. Lepaskanlah baut-baut tersebut menggunakan obeng yang sesuai ukuran baut masing-masing.



2. Melepas Rear Casing Dari Dudukan PCB
A. Melepas Penyangga Rear Casing
Terdapat dua buah penyangga yang terpasang untuk menahan rear casing agar tidak mudah lepas dari dudukan PCB. Lepaskanlah satu persatu penyangga tersebut dengan menggunakan pengungkit. Berikut adalah cara melepaskannya:
  1. Masukan pengungkit di antara Rear Casing dan Dudukan PCB pada posisi yang ditunjukkan sesuai pada gambar.
  2. Ungkit Rear Casing ke atas dengan perlahan hingga lepas dari penyangga.

B. Melepas Rear Casing
Setelah Rear Casing terlepas dari penyangga, angkatlah Rear Casing searah vertikal dengan hati-hati.

3. Melepas Flexible Wire Slot
Gunakan pengungkit untuk melepas Flexible Wire Slot yang terdapat pada PCB Slot. Ungkit bagian Kanan dan Kiri Flexible Wire Slot yang terpasang pada PCB Slot hingga Flexible Wire Slot lepas dari PCB Slot.


4. Melepas PCB
Setelah Flexible Wire Slot terlepas, angkatlah PCB searah vertikal dengan hati-hati.


5. Melepas Baut Front Casing
Terdapat tiga buah baut yang terpasang untuk menahan Front Casing agar tidak mudah lepas dari Dudukan LCD. Lepaskanlah baut-baut tersebut dengan menggunakan obeng yang sesuai ukuran masing-masing.


6. Melepas Front Casing Dari Dudukan LCD
A. Melepas Penyangga Front Casing
Terdapat lima penyangga yang terpasang untuk menahan front casing agar tidak mudah lepas dari dudukan LCD. Lepaskanlah satu persatu penyangga tersebut dengan menggunakan pengungkit. Berikut adalah cara melepaskan Dua Penyangga Front Casing yang dapat dilihat sesuai gambar, sedangkan tiga penyangga berikutnya akan dibahas selanjutnya:
  1. Masukan pengungkit di antara Front Casing dan Dudukan LCD pada posisi yang ditunjukkan sesuai pada gambar.
  2. Ungkit Dudukan LCD ke atas dengan perlahan hingga lepas dari penyangga.

B. Melepas Front Casing
Setelah dua penyangga front casing terlepas, mulailah melepas Tiga Penyangga Front Casing yang terpasang pada sisi kiri LCD. Berikut adalah cara melepaskannya (Letak Sisi Kanan, letak Sisi Kiri dan Arah Dorong Dudukan LCD dapat dilihat pada gambar):
  1. Posisikan Front Casing dengan posisi LCD mengarah ke lantai dan Kamera menjauh dari teknisi.
  2. Masukkan pengungkit diantara Front Casing dan Dudukan LCD pada sisi kiri Front casing
  3. Ungkit dudukan LCD dari sisi kanan casing sehingga jika didorong dari sisi kiri ke sisi kanan maka tidak terhalang oleh Front Casing.
  4. Dorong dudukan LCD dari sisi kiri ke sisi kanan dengan pengungkit yang telah dimasukkan pada sisi kiri tadi hingga dudukan LCD terlepas dari Tiga Penyangga Front Casing dan terdorong keluar ke arah sisi kanan. Dorong dengan perlahan agar tidak merusak Touch Screen Wire.

7. Melepas Touch Screen

Lepaskan Touch Screen Wire Slot dari Slot yang terdapat pada Flexible. Cara melepaskan Touch Screen Wire Slot sama dengan cara melepas Flexible Wire Slot. Lepaskanlah dengan hati-hati agar Slot pada Flexible tetap dalam keadaan baik.



8. Menguji Kondisi Touch Screen
Sebelum merakit kembali menjadi utuh, sebaiknya teman-teman uji dulu kondisi Touch Screen yang baru apakah berfungsi normal ataukah tidak. Berikut adalah langkah-langkahnya
  1. Setelah Touch Screen yang akan diganti telah dilepas, rakit kembali PCB pada dudukan PCB.
  2. Pasang Flexible Wire Slot pada PCB Slot
  3. Pasang Batrei pada Battry Inlet di PCB seperti pada saat HP dalam keadaan utuh atau lihat pada gambar (Gunakan gelang karet untuk mengencangkan batrei agar tidak mudah lepas pada saat uji coba touch screen / digerakkan)
  4. Tekan tombol Reject hingga HP aktif
  5. Setelah HP aktif, pasang Touch Screen Wire Slot yang baru pada Slot yang terdapat pada Flexible kemudian cobalah membuka salah satu aplikasi untuk mengecek kondisi Touch Screen apakah normal / dalam keadaan baik atau tidak
  6. Jika Touch Screen normal / dalam keadaan baik, lepaskan Batrei dari PCB, Flexible Wire Slot dari PCB Slot dan PCB dari dudukannya.
  7. Rakitlah HP sesuai urutan selanjutnya.

9. Memasang Front Casing
  1. Posisikan Front Casing dengan posisi LCD mengarah ke lantai dan Kamera menjauh dari teknisi.
  2. Dorong dudukan LCD dari sisi kanan ke sisi kiri hingga Tiga Penyangga Front Caing terpasang pada dudukan LCD
  3. Tekan bagian yang ditunjukkan pada gambar sampai terasa / berbunyi yang mengindikasikan penyangga pada bagian Front Casing telah terpasang dengan baik pada dudukan LCD. (Pada bagiann ini harus ditekan hingga Front Casing benar-benar rapat dengan Dudukan LCD / berada posisi yang benar. Jika Front Casing tidak terpasang dengan benar maka Speaker Headset yang terpasang pada Front Casing tidak berfungsi karena tidak mendapat suplai arus listrik melalui Flexible yang terpasang pada Dudukan LCD)

10. Memasang Baut Front Casing
Pasanglah baut Front Casing dengan menggunakan obeng yang sesuai ukuran.


11. Memasang PCB
Letakkanlah PCB pada posisi seperti pada saat belum dilepas / posisi semula.



12. Memasang Flexible Wire Slot
Pasanglah Flexible Wire Slot pada posisi seperti pada saat belum dilepas / posisi semula. Posisikan dengan tepat setelah itu tekan hingga Flexible Wire Slot sehingga terpasag pada PCB Slot. Posisi terpasang yang baik dapat dirasa seperti ketika memasang kancingan baju.



13. Memasang Rear Casing Pada Dudukan PCB
Pasanglah Rear Casing pada posisi seperti pada saat belum dilepas / posisi semula. Tekan bagian penyangga Rear Casing sehingga penyangga Rear Casing terpasang pada dudukan PCB.

14. Memasang Baut Rear Casing
Pasanglah baut Rear Casing menggunakan obeng yang sesuai ukuran baut masing-masing.



15. Memasang SIM Card dan Batrei
Pasanglah SIM Card dan Batrei pada posisi masing-masing.

16. Mengktifkan Handphone
Tekan tombol Reject sampai Handphone aktif.

17. Uji Coba Hardware dan Software
Bagian akhir dalam proses reparasi yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi HP jangan sampai ada kekeliruan yang tidak sengaja dilakukan pada saat Reparasi. Ujilah kondisi HP teman-teman dengan melakukan beberapa langkah berikut:
  1. Bukalah beberapa aplikasi untuk menguji kondisi Touch Screen (Misalnya, SMS)
  2. Mengirim dan menerima SMS
  3. Menelepon dan menerima telpon
  4. Uji Main Camera dari tombol kamera pada HP
  5. Uji Second Camera
  6. Uji Lock / Unlock Screen
  7. Uji Charge Batrei

29 comments:

Cruzader Blog mengatakan...

kbetulan bgt mas bro....
Saya tinggal di lampu 5, ambon....
Kalo bisa bantuin saya prbaiki hpQ c6 ya....
Ni numb.Q... 081242368626

sms aja......

dhani mengatakan...

thanks Cruzader Blog, udah mampir d blog saya..
gangguan hp kamu kyk gimana fren..??
stelah itu mngkin saya coba sharing bbrpa jenis gangguan n kmungkinan letak troublenya.. thanks :)

jamal mengatakan...

bos musicnya asiiiik banget judulnya apaan tu booos minta duuunk boos?

Anonim mengatakan...

thank you Gan....kalo cuma ganti kables flexinya aja ada trik cepat dan aman ga? soalnya gambarnya diatas ada yg kabur... Thanks

"Watukewal"

Anonim mengatakan...

MAs saya punya masalah kayak diatas,...klau boleh tahu konternya dimna,...??

dhani mengatakan...

@AnonimWatukewal: klo ganti flexible-nya, urut-urutannya sama aja kyk di atas broh.. Misal front casing udah dicopot, tinggal lepas aja LCD dr dudukannya trus buka flexiblenya, ada 3 bagian yg direkat, dibagian kamera depan, dudukan LCD dan tombol Dial Menu Reject.. Trs lepas aja Flex nya dgn lemah lembut, Ingat! gak usah buka pake perasaan ntar jdnya nangis *JustKiddingPliss*.. Suksess yah.. :)

@anonim: ane gak punya konteiner broh, upsss sorry maksud ane konter.. Kalo mau home repairing mungkin ane bisa bantu pandu via skype, tinggal cari wkt yg tpt.. akun skype ane : dhanieedafy
sukses yapss

Anonim mengatakan...

slamat malam om,,,ane juga masalahnya sama persis sama yng dibahas disini...ane habis ganti flexible ygn buat slide nya itu 250.000 termasuk ongkos serpis, kmahalan gk ya?nahhh,,,skarang touchscreen nya juga KO..alias gk bisa diapa2ian jadinya ttp gk bisa di pake c6 ane...kira2 itu flexible untuk touchscreen tu harganya kisaran brapa ya om? makasih,,,, :)

dhani mengatakan...

Klo boleh di-share, kmren trouble sblom ganti flex nya apaan, agan? N sblom di-repair, touchscreen nya masih berfungsi r emang udah gk fungsi..
Angka 250k untuk harga flex skalian repair nya mngkin itu udah lumayan gan, cuz harga flex yg d jual dsni 350k (trmasuk repair), brhubung flex nya aja yg dibeli trs di-repair sndiri d rumah yak gambarnya ane share dsini..
Dsini touchscreen nya 250k, dapet yg ori..

Anonim mengatakan...

sebelum ganti flexible ru layarnya blank aja gan, ane bawa ke serpis pas diperiksa dia bilang ada 2 yng kena, flexible untuk slide dan touchscreen jg,,nah berhubung duid ane gk cukup jadi cuma ganti flexible untuk slide aja,,,,skaranh c6 ane gk bisa touchscreen cuma bisa nelpon dan gk bisa pake yng laen krn gk semua feature touchscreen ada di keypad,,,,wahhh brarti emang mahal ya gan? ane kmaren di tawarin 200k untuk touchscreennya,,,tapi blon jadi krn duid blom cukup,,hehehhee....

kemaren tu kejadiannya kyk gini gan :
http://www.youtube.com/watch?v=HPtmXSlX03g&feature=context&context=C3ab01a6ADOEgsToPDskJ7ltLwqKoKVT6seqzTw4he

makasih sebelumnya untuk pencerahannya ya gan

salam

ury mengatakan...

terimakasih terimakasih banguuuuet masss,sangat sangat ter bantu saya.

Yuan Alfa mengatakan...

service touch screen nokia c6 berapa ya kira2?
Touch screen ku uda mulai gag beres nie,
di pencet kanan yang ke pencet malah kiri,
.
Siap duit berapa ya?

thizan chriztian Nalle mengatakan...

brow numpang tanya.
baru2 beta servis HP.b pu HP Nokia N95. trus diganti flexblenya. tapi setelah ganti kamera depanya tidk berfungsi lagi. kamera utamanya juga bermasalah gambarnya kbur n kelihatan tidak focus

dhani mengatakan...

@yuan : siapin 350k, bro klo gangguannya di flexibel, klo touch screen 250k..

@thizan chriztian Nalle: sodara, sorry baru bls, bt ada baru buka blog.. waktu thizan ganti akang flexible, sempat tes kondisi hp sama2 dgn yg service seng..?? keliatannya flexible yg baru dipasang yg lg trouble tuh,

Anonim mengatakan...

mantap...tpi gmna t kalo touch screen udh diganti tapi mash malfunction alias ngk berfungsi? mohon sarannya karn udh minum bodrex smpek 100 biji pusing mikirin hp rusak..thanks

Ronal Yulius mengatakan...

mantap gan, ane ud ikutin..kebetulan lcd di dalem agak kotor ada debu sedikit..
niat'a mw bersihin aza, pake cotton bud..
skrg ud dirakit lg, touch screen'a ga fungsi :mewek
ane ud bongkar lagi, pastiin kabel2 flexible'a terpasang dengan baik, tp tetep aza ga fungsi touch screen, jd kaya LCD biasa..
kira2 knp y gan..??
mohon pencerahan'a gan..

Ari Qadri Pratama Sitepu mengatakan...

Makasih bro, aku terbantu. Hp c6 ku jatuh dikit langsung gx bisa touchscreenny.


www.ardipratama.co.cc

Anonim mengatakan...

Mas, mau tanya ni...
Instal ulang hp Nokia C6 gmn ya.?

Rachmad Hidayat mengatakan...

touchsreen dan flexible saya kadang kadang bisa kadang ga.. itu kenapa ya?

Anonim mengatakan...

bantuin ane donk Gan,,HP nokia C6-00 ane kemarin touchscreenya kagak berfungsi, terus udah habis di ganti kabel fleksi nya udah jadi,,
tapi hanya selang sebulan, hp nya malah ngak ada tapilan sama sekali. tapi hp nya masih hidup koq..!!
tu kira2 apanya ya Gan ????
thanks, n mhon pentunjuknya

Anonim mengatakan...

gan, ane punyya masalah hp ane nokia C6. nah kira" seminggu yg lalu hp ane mulai kya gambar tv jadul ( bergaris" & langsung gelap) itu juga terjadi klo ane slide...

klo dah gelap layarnya gitu, kira" bisa seharian penuh bang....
kira" bagaimana cara layar gelap pada hp qu ini gan ?
tolong di bantu ya

Anonim mengatakan...

Bermanfaat sekali buat ane...
mau izin copas bang...
thanks ya...

Anonim mengatakan...

gan mau tanya...c6 ane lcdnya ada garis2 yg gerak2 (jadi kyk tv jadul) trs jadi mati ldcnya..ini sama kyk pertanyaan diatas..terjadinya kalo slide nya dibuka tutup atau gerak dikit aja dah kyk gitu...
mohon pencerahannya..makasih...
kalo boleh ane minta akun fb nya biar bisa tanya2..ni fb ane "Bondan Fathoni"

Yustinus Domas ardhita putra mengatakan...

gan, ane punya hp nokia C6-00, tp kadang2 touchscreennya g fungsi, trz kadang jg layarnya ngeblang..kira2 harus diganti apanya ya??trz low mw ganti kira2 bth budget brp..mohon pencerahannya..thx

Anonim mengatakan...

gan ada nomer yang bisa di hubungin?

muhammad assrofudin mengatakan...

mas harga touchscreen nokia C6-00 berapa ya?

yakob mengatakan...

gan, hp c6 ane kenapa layarnya kadang gerak-gerak sendiri y?? itu terjadi pas abis sya upgrade versi simbiannya.,,
bls ke email ane semenz_ys@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Minta alamatnya dong, brg bt punk c6 trouble touchscreen gk respon dn layar bergaris.

muhlisun nur mengatakan...

klo punya saya layarnya mati, tapi tombol di bawah layarnya itu hidup. Trus cara reparasinya gimana gan..?
o iya visit back blog saya dong gan.. hehe.. mlisunblog.blogspot.com

Wacana Penebar Ilmu mengatakan...

ijin copy gan

Posting Komentar