Rabu, 23 Maret 2011

Sekitaran Furnace

Furnace

Furnace adalah suatu ruangan yang digunakan sebagai tempat pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan kalor dan kemudian kalor yang dihasilkan digunakan untuk memanaskan air agar memproduksi uap penggerak turbin uap.
Beberapa bagian yang terdapat pada furnace adalah sebagai berikut:
  1. Riser
  2. Header
  3. Tube wall
  4. Burner
  5. Flaming detector
  6. Ignitor
  7. Oil burner

Riser

Riser adalah sekumpulan pipa-pipa yang menghubungkan antara boiler drum dengan header. Pada riser terjadi sirkulasi air secara alami yaitu air pada boiler drum yang memiliki masa jenis lebih tinggi akan turun ke header melalui riser. Sedangkan air yang memiliki masa jenis lebih rendah akan naik ke boiler drum melalui tube wall.


Header

Header adalah tempat penampungan air dari boiler drum yang turun melalui riser. Lokasi header berada di bagian terbawah dari riser dan tube wall. Sama seperti tube wall, salah satu ujung riser berada pada boiler drum dan ujung yang satunya berada pada header, namun terdapat perbedaan yaitu tube wall berada di dalam furnace sedangkan riser berada di luar furnace.


Tube wall

Tube wall adalah dinding pada furnace yang merupakan sekumpulan pipa-pipa yang berisi air. Pipa-pipa tersebut mendapatkan panas secara langsung dari furnace untuk memanaskan air yang berada di dalamnya karena letaknya yang berada di dalam furnace.


Burner

Burner adalah peralatan yang digunakan untuk pembakaran awal di dalam furnace. Untuk bisa menghasilkan api di dalam furnace pada saat start awal, furnace membutuhkan pembakaran awal dengan bantuan burner. Bahan bakar yang digunakan pada burner adalah HSD.


Flaming Detector

Flaming detector merupakan peralatan pendeteksi nyala api pada burner dan digunakan pada saat pembakaraan awal.


Ignitor

Ignitor merupakan peralatan pemantik yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api. Ignitor memiliki fungsi yang sama seperti busi pada kendaraan bermotor. Percikan api pada ignitor ini kemudian akan menjadi api pembakaran dengan skala yang lebih besar dengan bantuan bahan bakar HSD.


Oil Burner

Oil burner adalah HSD yang digunakan sebagai bahan bakar utama pada saat pembakaran awal di dalam furnace.

0 comments:

Posting Komentar